Yayasan Arrahman adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dengan memiliki 4 buah sekolah dengan jenjang Play Group, TK, SD, dan SMP. Selama ini, permasalahan yang dihadapi oleh sekolah di lingkungan yayasan Arrahman ini adalah tata kelola dan fasilitas sekolah yang belum maksimal. Salah satunya adalah fasilitas perpustakaan yang seharusnya dimiliki oleh setiap sekolah. Karena minimnya fasilitas yang berada di sekolah, menyebabkan masih kurangnya minat baca dan kurangnya minat guru dan siswa mengunjungi perpustakaan ini. Melihat kondisi ini, Tim Dosen Teknik Informatika Politeknik Kediri (Abidatul Izzah, M.Kom dan Rinanza Zulmy Alhamri, M.Kom) bersama Kepala Sekolah dan pengurus Perpustakaan SD Plus dan SMP Plus Arrahman berupaya untuk menggalakkan budaya membaca guru dan siswa dengan cara mengajak guru dan siswa untuk mengunjungi perpustakaan dengan cara membangun perpustakaan dari segi fisik dan pelayanan melalui Hibah Pengabdian Masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemenristekdikti.

 

 

Pada program PKM ini, tim dosen beserta dua mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2017 (Khoirul Badaruddin dan Fariez Ilham) telah mewujudkan mini library dan digital library untuk masing-masing sekolah yakni SD Plus dan SMP Plus ArrahmanPembangunanmini library yang telah dilakukan merupakan program untuk membantu pihak sekolah dalam membangun perpustakaan dari segi fisik (rak buku dan tempat duduk) dan pembangunan digital library merupakan upaya untuk membantu dari segi pelayanan, pencatatan dan pengarsipan di perpustakaan yang sebelumnya masih dilakukan secara manual. Digital library yang dibangun berupa sistem informasi perpustakaan yang terstandar nasional dan bersifat open source yakni Senayan Library Management System (SLIMS).

 

 

Kegiatan pelatihan tak lupa diselenggarakan sehingga pustakawan SD dan SMP Arrahman Kediri siap mengoperasikan sistem informasi SLIMS. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus 2018 bertempat di Gedung Perpustakaan SMP Arrahman Kediri. Sebanyak 8 peserta yang terdiri dari guru SD dan SMP Arrahman Kediri telah dibekali materi bagaimana cara pengelolaan anggota perpustakaan, pengelolaan koleksi perpustakaan, pengelolaan transaksi peminjaman, dan pengembalian, serta tanya jawab seputar informasi perpustakaan yang diberikan oleh Ibu Siti Lailatuz Zahro, S.IIP, selaku Kepala Perpustakaan Politeknik Kediri. “Saya sangat berterima kasih kepada Politeknik Kediri yang telah membantu kami dalam pengelolaan perpustakaan. Ini sangat lebih dari cukup, sudah dibelikan alat, diajari cara (pengelolaan)nya juga, alhamdulillah”, terang Bu Nikmatus Sa’adah, S.Ag, salah satu guru SMP Arrahman Kediri yang diperbantukan sebagai Pustakawan.

Kedepannya semoga Politeknik Kediri semakin berjaya dan mampu mengabdi bagi masyarakat sekitar sebagai upaya terselengganya kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi.

Leave a Reply