Lembaga
BAPSI

PENDAHULUAN

Bagian Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) sebagai salah satu bagian/unit kerja yang relatif masih baru, karena keberadaannya baru dimulai pada awal tahun 2011 (berdasarkan Keputusan Direktur Politeknik Kediri No. 02/2011), memiliki cakupan tugas bidang Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi yang berada dalam kedudukan sebagai terminal data dan informasi di tingkat institusi.

Sebagai suatu terminal data di tingkat institusi, proses penyusunan perencanaan merupakan tindakan manajerial utama serta proses evaluasi guna melandasi keputusan pimpinan. Oleh karena itu BAPSI memiliki kewajiban menyajikan data/ informasi secara akurat, tepat waktu dan memiliki validitas yang memadai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedudukan dan peran BAPSI dalam proses pengambilan keputusan di tingkat institusi adalah sangat penting dan strategis.

Disisi lain, kinerja BAPSI sangat tergantung dari efektivitas aliran data dari Program Studi, Lembaga/ UPT dan unit lain, yang termasuk dalam jaringan sistem informasi yang ada. Dimensi waktu dan kepuasan masyarakat/ pelanggan/ pemakai merupakan kunci yang menegaskan komitmen aparatur yang memberikan layanan terhadap produk/ layanan mulai dari input, proses dan produk layanan itu sendiri. Untuk itu maka standar layanan yang ditetapkan oleh Bagian Administrasi Perencanaan dan Sistim Informasi harus disosialisasikan dan diketahui oleh para calon pengguna/ pemakai. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya BAPSI memiliki dua bagian yaitu (a) bagian Perencanaan, (b) bagian Sistem Informasi.


DISKRIPSI DAN RUANG LINGKUP

Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, bagian Sistem Informasi BAPSI Politeknik Kediri telah memiliki SOP (Standar Operating Procedure) yang diterapkan dalam pelayanan kesehariannya.  Berikut SOP yang ada di Bagian Sistem Informasi :

  1. Pengusulan Akreditasi Program Studi Baru
  2. Layanan Perpanjangan Ijin Operasional Program Studi
  3. Pengajuan Pembukaan Program Studi Baru
  4. Pelaporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri
  5. Mengorganisir proses Penerimaan Mahasiswa Baru
  6. Pemasangan iklan lowongan kerja dalam web career center
  7. Mengorganisir data alumni dalam web career center
  8. Layanan informasi akademik dalam program SIAKAD
  9. Pengelolaan Data dan Informasi di laman web portal Politeknik Kediri
  10. Mengorganisir beasiswa dari dalam institusi maupun Luar Institusi


A.    Visi BAPSI

" Menjadi pusat layanan informasi dan perencanaan terpadu berbasis teknologi informasi yang unggul guna mendukung terwujudnya Visi dan Misi Politeknik Kediri "


B.      Misi BAPSI  

  1. Membangun Sistem Informasi dan Perencanaan secara keseluruhan dan terpadu yang berbasis pada teknologi informasi, mulai dari infrastruktur sampai pada tingkat aplikasi.
  2. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan untuk membangun sistem informasi dan perencanaan yang unggul.
  3. Melaksanakan kegiatan administrasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Rencana Strategis, Rencana Induk Pengembangan dan Rencana Kerja Tahunan.

 


 

Struktur Organisasi BAPSI